Telkomsel secara bertahap akan meningkatkan semua layanan 3G ke 4G pada tahun 2022

Telkomsel secara bertahap akan meningkatkan semua layanan 3G ke 4G pada tahun 2022

Telkomsel secara bertahap akan meningkatkan semua layanan 3G ke 4G pada tahun 2022

berita
Telkomsel secara bertahap akan meningkatkan semua layanan 3G ke 4G pada tahun 2022

Mulai tahun 2022, Telkomsel secara bertahap akan melakukan upgrade/upgrade layanan jaringan 3G menjadi 4G/LTE di seluruh Indonesia.
Diperbarui pada 21 Januari 2022 11:09

Oleh Eko Lannue Ardy

Mulai tahun 2022, Telkomsel secara bertahap akan melakukan upgrade/upgrade layanan jaringan 3G menjadi 4G/LTE di seluruh Indonesia. Ya! Melalui publikasi yang diterima Droidlime, hal ini sejalan dengan instruksi pemerintah dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah mulai mendorong operator telekomunikasi di tanah air untuk mengkaji ulang penghentian layanan 3G, dengan mempertimbangkan kesiapan layanan 4G/LTE yang merata dan kepentingan masyarakat luas.

Disampaikan oleh Hendri Mulya Syam, Presiden Direktur Telkomsel, tahun ini Telkomsel akan mempercepat peningkatan layanan jaringan 3G menjadi 4G/LTE untuk melanjutkan komitmennya untuk terus menghadirkan peluang yang lebih luas bagi pemerataan akses jaringan teknologi terdepan untuk semua lapisan masyarakat.

“Kami berharap langkah perluasan jaringan dari 3G ke 4G/LTE dapat lebih mengoptimalkan potensi di berbagai daerah melalui percepatan transformasi digital lintas sektor guna memperkuat ekonomi digital nasional ke depan,” kata Hendri.

Telkomsel juga memastikan bahwa proses upgrade ini telah melalui tahapan penilaian, perencanaan dan persiapan yang matang. Termasuk kesiapan infrastruktur dan teknologi, memastikan kenyamanan pelanggan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan Indonesia di bidang telekomunikasi dan perlindungan konsumen.

READ  Tutorial Stiker Whatsapp dari WA terbaru

Untuk itu, Telkomsel secara rutin melakukan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, mulai dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI hingga lembaga/lembaga konsumen seperti Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan Yayasan Konsumen Indonesia (YLKI).

Sementara itu, Nugroho, Network Director Telkomsel, mengatakan Telkomsel telah menyiapkan seluruh action plan, mulai dari persiapan teknis hingga sosialisasi kepada pelanggan hingga tahap mitigasi yang optimal, untuk memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE berjalan dengan baik dapat berakhir.

“Pelaksanaannya akan tetap berpegang pada standar Quality of Service (QoS) untuk memenuhi standar regulasi yang berlaku untuk memastikan kenyamanan pelanggan tetap terjaga. Berbagai persiapan ini kami lakukan sebagai bentuk engagement Telkomsel,” jelas Nugroho.

Lebih lanjut Nugroho menjelaskan, dengan menggunakan layanan 4G/LTE, pelanggan ritel (B2C) dapat menikmati pengalaman aktivitas digital yang lebih baik dibandingkan layanan 3G, seperti. B. streaming video dan musik digital, konferensi video, bermain game online hingga layanan VoLTE.

Seiring dengan peningkatan layanan, Telkomsel mengajak pelanggan yang saat ini masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE. Untuk itu, Telkomsel siap mendukung pelanggan dalam percepatan migrasi layanan.

“Kami juga mengharapkan dukungan semua pihak terkait dan pemangku kepentingan untuk mendukung proses peningkatan layanan 3G ke 4G/LTE ini. Bekerja sama dengan pemerintah, mitra pendukung mulai dari mitra infrastruktur, mitra teknologi hingga mitra vendor perangkat juga akan membantu percepatan upgrade ini,” pungkas Hendri.

Sumber :