how.co.id – Saat ini, mungkin jarang orang menggunakan surat sebagai alat komunikasi. Namun, untuk kebutuhan formal, surat masih menjadi salah satu hal yang sering digunakan. Misalnya untuk lembaga, instansi atau organisasi tertentu.
Nah berbicara tentang surat resmi, pasti ada bagian yang benar-benar membedakannya dengan surat tidak resmi. Ini adalah bagian yang biasa disebut kop surat atau kop surat. Kita biasanya melihat kop surat ini di bagian luar amplop atau di bagian atas surat.
Tentukan kop surat
Apa itu kop surat? Ini adalah bagian dari surat resmi yang berisi informasi tentang lembaga atau instansi pengirim. Kop surat ini biasanya terletak di bagian atas surat atau dicetak pada amplop.
Surat yang disesuaikan dengan kebutuhan layanan atau organisasi tertentu harus memuat kop surat ini. Ini adalah bentuk identifikasi surat resmi serta identifikasi pengirim.
Fungsi kop surat
Nah, pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa harus pakai kop surat? Apa fungsi Anda? Berikut adalah beberapa kegunaan kop surat dalam surat resmi.
- Sebagai identitas pengirim pesan. Dalam hal ini, biasanya lembaga, organisasi, atau perusahaan tertentu.
- Sebagai bentuk informasi tentang pengirim berupa logo, nama, alamat, nomor telepon, email, dll.
- Sebagai alat promosi karena kop surat memuat identitas lengkap lembaga/organisasi. Jadi secara tidak langsung bisa menjadi bentuk periklanan.
Struktur kop surat
Apa yang harus kita tulis di kop surat? Biasanya ada beberapa hal wajib yang harus dicantumkan pada kop surat, antara lain:
- Nama lembaga, organisasi atau lembaga pengirim.
- Alamat lengkap pengirim.
- Perusahaan/logo perusahaan.
- Nomor telepon, alamat email, dan situs web.
- Jenis lembaga atau instansi.
Cara Membuat Kop Surat di Word Dengan Mudah
Nah bagi yang menjalankan tugasnya memberikan surat resmi untuk keperluan dinas dll pasti sudah tahu cara membuat kop surat ini. Karena ini sangat penting dan kita tidak boleh melakukan kesalahan. (https://kuliahpendidikan.com/)
Untuk proses pembuatannya kita bisa menggunakan Microsoft Word. Yang perlu kita pelajari adalah bagaimana mengatur format dengan baik dan benar. Selain kop surat, Anda juga dapat membuat kode qr di Word.
- Cara Membuat Kop Surat di Amplop
Jika Anda mengirim surat resmi, kop surat adalah bagian penting. Karena jenis kartu ini memiliki aturan dan format yang lebih ketat dari kartu pada umumnya. Jadi kita harus berhati-hati dalam melakukannya. Jadi, langsung saja ikuti tutorial yang Teknoinside rangkum di bawah ini:
- Buka aplikasi Microsoft Word Anda, klik tab Milis, lalu pilih opsi Amplop.
. 2. Akan muncul jendela baru, akan ada dua form. Pertama, masukkan alamat tujuan karakter. Sedangkan bentuk yang kedua adalah alamat dimana respon tersebut dikirimkan. Harap lengkapi informasi yang diperlukan.
- Setelah diisi dengan benar, klik menu opsi untuk melakukan pengaturan lainnya.
- Di bagian Ukuran Amplop, pilih ukuran amplop yang sesuai yang Anda gunakan. Klik Custom Size jika ukurannya tidak tersedia. Untuk daftar ukuran amplop umum, lihat di bawah.
- Selanjutnya, cukup klik Add to Document.
- Hasilnya akan langsung masuk ke lembar kerja Word Anda.
- Periksa apakah sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, apakah Anda baru saja mencetaknya. Klik File lalu pilih Print atau tekan CTRL + P.
- Pastikan komputer Anda terhubung ke printer, dan terakhir klik Print.
- Untuk meletakkan amplop saat ingin mencetak seperti ini.
- Terakhir, tunggu proses pencetakan selesai dan hasilnya memadai.
Sumber: ppklkemenkop.id